11 Tips Membeli Pompa Air

By | 8 Mei 2018

Kebutuhan air bersih merupakan salah satu kebutuhan mutlak dan wajib  bagi setiap orang. Bahkan kepentingan adanya air bersih melebihi kebutuhan listrik, seseorang masih bisa hidup beberapa hari tanpa adanya listrik tapi bagaimana jika seseorang tidak bisa mendapatkan air bersih dalam beberapa hari? Tentunya akan sangat merepotkan dan sangat tidak nyaman untuk dijalani.

Mengingat semakin sulitnya mendapatkan air bersih, maka saat ini sudah banyak yang menggunakan pompa air sebagai salah satu alternatif mendapatkan air bersih dalam memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga. Keberadaan pompa air sangat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya . Pompa air ini juga disediakan dengan berbagai varian merek dan jenis.

Sehingga bagi Anda yang berencana untuk menggunakan pompa air penting sekali untuk mengetahui tips terbaik dalam memilih pompa air berkualitas agar dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan pemakaian. Langsung saja, tanpa berpanjang lagi berikut 11 tips terbaik yang penting untuk Anda ketahui ketika ingin membeli pompa air.

  1. Kedalaman Air

Langkah awal yang harus Anda lakukan ketika akan membeli pompa air adalah mengukur kedalaman permukaan air dari permukaan tanah yang akan dipasangi pompa air tersebut. Salah satu kesalahan yang sering seseorang lakukan adalah memberikan informasi yang salah tentang kedalaman air yang akan dipasang pompa air.

Hal ini karena kesalahan pemahaman seseorang yang mengukurnya hanya dari kedalaman sumur bukan dari kedalaman permukaan airnya. Padahal ukuran yang akan digunakan saat akan memasang pompa air adalah berdasarkan kedalamam permukaan air dalam sumur.

Sebuah pipa bisa saja Anda benamkan sampai ukuran 30 meter meskipun kedalaman airnya hanya mencapai 3 meter saja. Jika sumber air yang akan Anda pasangi pompa air adalah sumber air yang lama, Anda dapat melakukan pengukuran sendiri ketinggian air dengan cara memasukkan paku yang telah diikat dengan menggunakan sebuah benang.

Pertimbangkan juga kemungkinan terjadinya penurunan ketinggian permukaan air pada musim kemarau. Anda bisa menambah panjang ukuran sekitar satu sampai dua meter dari pengukuran pada musim penghujan.

  1. Jenis Pompa yang Digunakan

Jenis pompa yang digunakan berbeda-beda, hal ini disesuaikan dengan kedalaman air sumur yang akan Anda pasangi pompa air tersebut. Untuk kedalaman permukaan air yang kurang dari 7 meter maka pilihlah pompa untuk sumur dangkal, sedangkan untuk kedalaman permukaan air antara 7 sampai 9 meter sebaiknya Anda menggunakan pompa sumur dangkal tipe semi jet pump.

Apabila kedalaman permukaan air lebih dari 9 meter maka pompa air yang sebaiknya Anda gunakan adalah jenis pompa jet pump. Penggunaan pompa air jenis ini, minimal sumur memiliki diameter 4 meter agar ventury jet tersebut dapat masuk ke dalam lubang sumur. Yang menjadi ciri utama dari pompa jenis ini adalah mempunyai dua buah lubang pada bagian injetnya.

  1. Spesifikasi Pompa

Berbagai jenis pompa air memiliki spesifikasi yang berbeda-beda tentunya, dari spesifikasi pompa air yang akan digunakan. Anda dapat melakukan perbandingan kedalaman permukaan air dengan informasi daya hisap pompa. Biasanya, standar yang digunakan oleh para produsen pompa air adalah kedalaman permukaan air maksimal dimana air tersebut dapat disedot.

Namun, kekuatan sedotan maksimal tidak dapat menjamin bahwa air yang dapat diperoleh bisa maksimal juga. Mungkin saja Anda hanya mendapatkan 1 liter air dalam jangka waktu 1 jam. Tentu saja hal ini sangat tidak efisien.

  1. Voltase

Ketika Anda ingin membeli pompa air, pilihlah pompa yang sesuai dengan voltase di rumah Anda.

  1. Kedalaman dan Daya Listrik Pompa

Umumnya untuk pompa sumur dangkal memiliki daya listrik antara 125 sampai 200 watt sedangkan untuk jenis semi jet pump memiliki daya sebesar 100 sampai 250 watt. Perlu Anda garis bawahi di sini, daya listrik yang lebih besar tidak selalu memberikan daya hisap yang lebih besar juga untuk sebuah pompa air namun hanya mempengaruhi kapasitasnya saja.

  1. Ketinggian Tower

Anda perlu merencanakan hingga ketinggian berapa air akan disalurkan. Hal ini berkaitan dengan tipe pompa dengan spesifikasi yang seperti apa yang Anda butuhkan. Daya dorong juga dipengaruhi oleh kedalaman hisapnya, semakin pendek daya hisapnya maka semakin jauh daya dorongnya. Usahakan untuk menempatkan mesin pompa dengan sumur serendah mungkin.

  1. Daya Listrik dalam Rumah Anda

Setiap orang tentunya memiliki daya listrik yang berbeda-beda untuk rumahnya. Ketika Anda ingin menggunakan sebuah pompa air maka sebaiknya sesuaikanlah dengan daya listrik yang Anda gunakan di rumah. Pada bagian informasi spesifikasi pompa biasanya tercantumkan juga informasi kekuatan input output-nya.

  1. Pemutus Arus

Pertimbangan selanjutnya adalah sebaiknya Anda memilih pompa yang motornya sudah dilengkapi dengan thermal protector atau yang biasa disebut juga circuit breaker. Thermal protector memiliki fungsi untuk memutuskan arus listrik apabila beban pompa terlalu berlebihan. Sehingga dengan adanya thermal protector ini pompa akan otomatis berhenti ketika keadaannya terlalu panas sehingga tidak akan terbakar.

  1. Debit Per Jam

Perhatikan juga kapasitas air yang bisa Anda lihat dalam tabel spesifikasi pompa. Hitunglah kebutuhan air rumah Anda per harinya berapa debit yang bibutuhkan. Anda pasti tidak ingin pompa air ini bekerja sepanjang hari tanpa berhenti kan? Dengan daya debit yang sama, pilihlah pompa air yang mempunyai kapasitas lebih besar agar pengisian air ke dalam toran dapat terjadi lebih cepat dan hemat.

  1. Pilih Pompa yang Memiliki Suara Halus

Untuk memastikan pompa yang Anda gunakan memiliki suara yang halus atau tidak, salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan tentu saja dengan mengetesnya atau mencobanya. Bila pompa ini memiliki suara yang kasar Anda bisa meminta toko untuk menggantinya dengan suara pompa yang lebih halus. Pompa dengan suara yang kasar merupakan salah satu kejanggalan dalam kinerja pompa nantinya yang perlu Anda pertimbangkan.

  1. Budget yang Anda Miliki

Hal selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah melihat budget yang Anda miliki ketika ingin membeli pompa air. Ini menjadi pengaruh utama merek pompa apa yang akan dibeli. Adanya perbedaan harga pada masing-masing merek pompa didasarkan dari tingkat kualitas pompa yang bisa dilihat dari lilitan motor.

Hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi awet atau tidaknya pemakaian pompa air, kualitas pemakaian pompa, elektronik, komponen motor dan layanan purna jualnya. Baik pompa dengan kelas termurah atau kelas sedang dan mahal semuanya tergantung dari budget dan merek yang Anda pilih.

Sudah tahukan apa saja tips terbaik yang wajib diketahui sebelum membeli pompa air sebagai salah satu upaya pemenuhan air bersih dalam rumah tangga ini? Jangan lupa untuk mempercayakan pemasangan pompa pada tenaga yang sudah kompeten agar pemasangan dapat dilakukan dengan baik dan  benar. Lakukan juga perawatan secara benar agar pompa awet digunakan  dalam jangka waktu yang lama dan tidak cepat rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *