4 Hal yang harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Asuransi

By | 3 Juli 2017

Sebagai manusia biasa, Anda tentu tidak mengetahui apa yang akan dihadapi oleh Anda di masa depan. Oleh karena itulah Anda membutuhkan sebuah antisipasi atau perlindungan terhadap musibah atau risiko yang bisa datang sewaktu-waktu dan akhirnya akan mempengaruhi kehidupan Anda dan juga keluarga. Terlebih lagi jika Anda adalah satu-satunya tulang punggung untuk keluarga Anda.

Suatu musibah atau risiko bisa saja terjadi seperti kematian, kecelakaan, kerusakan, kehilangan harta benda, putus sekolah, dan juga lainnya. Agar musibah tersebut tidak Anda tanggung sendiri, maka solusi terbaiknya adalah dengan memiliki asuransi. Asuransi merupakan sebuah perlindungan finansial dari segala risiko tentang kehilangan dan kerugian mulai dari jiwa, kesehatan, barang, uang dan juga lainnya.

Sebagai peserta asuransi, Anda memiliki kewajiban untuk membayar uang dalam jumlah tertentu kepada perusahaan penyedia asuransi yang disebut dengan premi. Perusahaan asuransi selanjutnya akan menyetujui untuk memberikan kompensasi dan perlindungan terhadap kerugian di masa depan. Biasanya jenis kerugian dan manfaat yang didapat peserta asuransi telah tercantum dalam kontrak dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau kebijakan.

Secara umum, asuransi terbagi menjadi tiga kategori yakni asuransi kerugian, asuransi jiwa, dan asuransi kehilangan. Lalu dari kategori tersebut, asuransi terbagi kembali ke beberapa macam asuransi sesuai dengan kebutuhan perlindungan seperti, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan,  asuransi kepemilikan rumah/properti, asuransi pendidikan, asuransi perjalanan, asuransi kredit, dan asuransi kecelakaan kerja.

Terdapat begitu banyak produk asuransi dengan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Sehingga terkadang membuat calon pembeli asuransi bingung untuk menentukan jenis asuransi mana yang tepat. Nah, berikut beberapa tips agar Anda tidak salah dalam membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan dan alasan harus memiliki asuransi.

  • Memahami semua pilihan yang tersedia

Pilihan yang dimaksud dalam poin ini tidak hanya meliputi jaminan yang diberikan, tetapi seperti siapa saja yang bisa masuk ke dalam polis asuransi dan hal lain yang berkaitan dengan kebijakan yang ditentukan oleh perusahaan penyedia asuransi. Dalam poin ini pastikan Anda sudah memahami dan mengenal dengan baik apa saja kerugian yang akan Anda tanggung dan juga biaya lain yang berada di luar premi.

  • Perhitungan besaran premi yang harus Anda bayar

Sebelum memperhitungkan biaya yang ada di luar premi, pastikan Anda juga sudah memperhitungkan besaran premi yang ditetapkan. Hal tersebut penting dilakukan karena beberapa perusahaan asuransi memberlakukan sistem pembayaran sesuai inflasi yang berarti biaya premi akan mengalami kenaikan seiring dengan meningkatnya inflasi.

  • Pertimbankan manfaat yang akan diterima jika mengalami kerugian

Menggunakan asuransi tentu berarti Anda ingin mengurangi beban yang harus Anda tanggung. Sehingga jangan sampai dengan asuransi Anda justru mengalami kerugian yang lebih banyak dibanding sebelum memiliki asuransi. Pastikan Anda sudah memahami dengan benar atas perhitungan biaya dan apa saja manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut.

  • Kredibilitas Perusahaan Asuransi yang Dipilih

Asuransi merupakan bentuk perjanjian jangka panjang, oleh karena itu penting juga untuk memperhatikan kredibilitas perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Pilihlah perusahaan asuransi yang tidak memiliki sejarah permasalahan dalam mengelola keuangannya. Anda juga bisa melihat dari perkembangan kinerja dan pengelolaan perusahaan tersebut selama berdiri.

Cara yang paling mudah adalah dengan melihat laporan keuangannya melalui surat kabar atau media massa. Perhatikan pula peringgan dan rating dari perusahaan tersebut, serta RBC (Risk Based Capital) perusahaan tersebut apakah sudah memenuhi ketentuan pemerintah yang minimal 120% atau belum.

Kepemilikan sebuah asuransi menjadi penting bagi seseorang karena melalui asuransi Anda akan diberikan sebuah jaminan perlindungan, bisa dijadikan sebagai investasi karena rutin menabung, untuk menyusun rencana masa depan, dan juga membantu Anda mengelola keuangan lebih baik dari sebelumnya.

Jika Anda ingin memiliki asuransi jiwa seumur hidup dengan premi berkala hingga usia 99 tahun dengan manfaat rawat inap dan manfaat medis yang menyeluruh termasuk penyakit kritis, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi milik bank DBS yang disebut dengan Pro Health.

Tidak hanya itu, di bank DBS, sebagai nasabah Anda juga akan mendapatkan manfaat peningkatan otomatis jumlah pertanggungan awal pada saat tertanggung berusia 75 tahun dengan manfaat jatuh tempo dan kematian. Jika Anda tertarik Anda bisa segera mengajukan permohonan dengan cara menghubungi Treasures Relationship Manager atau menghubungi DBSI Customer Center di nomor 1 500 327/ 69 327 (melalui ponsel) dan mengunjungi cabang Bank DBSI di sekitar Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *