5 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi yang Ampuh tanpa Obat

By | 4 Maret 2018

 

Perut kembung pada bayi adalah hal yang sering terjadi. Ada banyak hal yang menyebabkannya. Biasanya, saat mereka mengalami ini, bayi akan sangat rewel. Maka dari itu, Anda harus menemukan cara mengtasi perut kembung pada bayi yang ampuh. Ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba. Seperti di bawah ini contohnya!

  1. Menggosok Perut Bayi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kembung pada perut bayi adalah dengan menggosok perut bayi dari arah punggung ke pusar. Saat menggosok, berikanlah tekanan lembut saat Anda mendekati pusat. Ingat, yang lembut. Jangan terlalu keras. Cara ini sangat ampuh untuk menghangatkan perut bayi

  1. Kurangi Pemberian Susu Formula

Jika bayi Anda tidak meminum ASI melainkan susu formula, ada baiknya Anda mengurangi pemberian susu formula saat perut mereka kembung. Memberikan susu formula dengan takaran yang terlalu banyak hanya akan menyebabkan perut mereka kembung dan akhirnya mengalami sembelit.

Selain itu, bila memang susu formula adalah penyebab dari bayi Anda mengalami perut kembung, bisa jadi bayi Anda mengalami alergi terhadap susu sapi. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera membawa bayi Anda ke dokter. Lakukan pemeriksaan yang benar dan berkonsultasilah mengenai jalan keluarnya.

  1. Menepuk Punggung Bayi dengan Lembut

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung pad bayi adalah dengan menepuk punggung bayi dengan lembut. Biasanya, setelah bayi minum ASI atau susu formula mereka akan sulit bersendawa. Nah, dengan menepuk punggung bayi dengan lembut sehabis mereka minum susu, bisa menyebabkan mereka bersendawa.

Dengan bersendawa ini, otomatis mereka akan mengeluarkan udara yang ada dalam tubuhnya. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menggendong bayi dengan posisi sedikit tegak dan tepuk ringanlah punggung mereka. Tunggu hingga bayi bersendawa dan perut kembung mereka akan sembuh.

  1. Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memandikan bayi dengan air hangat. Air hangat akan membuat perut bayi Anda lebih nyaman dan bisa mengatasi perut kembungnya. Cara ini bisa Anda gunakan untuk bayi baru lahir maupun yang telah berumur beberapa bulan.

  1. Biarkan Mereka Aktif

Jangan pernah batasi pergerakan bayi. Dengan aktif, mereka akan berkembang lebih baik dan kemampuan fisiknya juga baik. Tak hanya itu, dengan membiarkan bayi Anda terus aktif, mereka juga bisa mengatasi perut kembungnya sendiri. Gerakan yang tak henti ini akan membantu mereka bersendawa dengan baik.

Nah, itulah beberapa cara mengatas perut kembung pada bayi yang bisa Anda coba. Dijamin ampuh dan tanpa obat. Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa mengoleskan minyak telon pada perut dan punggungnya. Minyak telon dari Zwitsal terbukti ampuh untuk mengatasi ini. Bayi Anda akan merasa hangat dan perut kembungnya teratasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *