5 Hal yang Wajib Diketahui oleh Calon Mahasiswa di Jatinangor

By | 20 April 2017

Jatinagor adalah kecamatan yang terletak di Kabupaten Sumedang. Kawasan ini cukup terkenal di kalangan calon mahasiswa karena di kawasan inilah beberapa perguruan tinggi elit di Indonesia terletak. Sebut saja Universitas Padjadjaran (Unpad), InstitutTeknologi Bandung (ITB), dan Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), kesemuanya ada di Jatinagor. Karena hal inilah Jatinagor selalu kedatangan ribuan maba tiap tahunnya. Bagi para maba, apalagi yang dari luar daerah, mereka tentunya masih asing dengan daerah Jatinagor. Berikut ini adalah hal-hal yang wajib diketahui oleh calon mahasiswa atau mahasiswa baru tentang kawasan Jatinagor.

  1. Mau Tinggal di Mana?

Sebagai mahasiswa rantau, kamu pasti bertanya-tanya mau tinggal di mana saat kuliah di kampus daerah Jatinagor ini. Tenang, Jatinagor penuh kok dengan tempat bermukim untuk mahasiswa seperti rumah kost, kontrakan, hingga apartemen. Kost di Jatinagor terbilang sebagai pilihan paling dicari oleh para mahasiswa baru. Lokasi kost yang tersebar di kawasan dekat kampus membuat akses ke kampus mudah. Selain itu, banyak juga infokost yang lokasinya ada di dalam komplek perumahan seperti  di Jatinangor City Park di Jalan Raya Jatinangor. Menyewa kamar kost di kos-kosan dalam perumahan tentunya akan membuat akses ke fasilitas umum semakin mudah. Jika ingin tinggal di apartemen, Jatinagor juga memiliki banyak apartemen, contohnya apartemen Easton Park dan Skyland City di mana fasilitasnya terkenal baik namun harganya masih terjangkau.

  1. Mau Makan Apa?

Kawasan Jatinagor termasuk ramah mahasiswa. Banyak rumah makan dan warung yang buka hingga 24 jam sehingga para mahasiswa bisa mengisi perut dengan mudah. Tempat-tempat seperti Gemboel, Hipotesa, BKI, dan Munjul menyediakan makanan dengan harga ramah kantong, berkisar 10-20 ribuan saja. Di daerah ini juga ada pasar tradisional sehingga bisa digunakan untuk belanja bahan makanan bagi mahasiswa yang ingin memasak makanan sendiri.

  1. Kalau Sakit Berobat Kemana?

Sarana kesehatan adalah salah satu hal penting untuk mahasiswa rantau yang jauh dari orang tua. Saat sakit, mereka harus tau ke mana tempat untuk berobat. Di Jatinagor, banyak sarana kesehatan tersedia, contohnya saja seperti Klinik Padjadjaran di Unpad yang dekat dengan kawasan kost mahasiswa, baca: infokost. Ada juga Klinik Jatinangor dan Puskesmas Jatinangor yang bisa digunakan untuk berobat dengan biaya yang cukup terjangkau.

  1. Kalau Pergi Naik Apa?

Jika kamu merantau tanpa membawa kendaraan pribadi, mau tidak mau kamu harus memanfaatkan sarana transportasi umum. Untunglah di Jatinagor tersedia berbagai pilihan angkutan umum seperti angkot cokelat yang beroperasi 24 jam. Ada juga Bus Damri dan beberapa jenis bus kota lainnya yang bisa dipergunakan untuk pergi ke kampus atau ke tempat umum lainnya.

  1. Beli Kebutuhan Sehari-Hari Dimana?

Untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari, para maba rantau tidak akan kesulitan. Ada banyak tempat perbelanjaan di Jatinagor yang memberi kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya, ada Jatinangor Town Square yang sudah lengkap dengan sarana hiburan seperti bioskop di dalamnya. Ada pula pasar tradisional Jatinangor yang letaknya ada di seberang hotel Jatinangor. Beli sayur-sayuran, barang kebutuhan sehari-hari, ataupun lauk bisa dilakukan di pasar ini.

Demikian hal-hal yang sebaiknya diketahui oleh para maba rantau di Jatinagor. Meski tidak terletak di kota metropolitan, namun kawasan ini dirasa sudah cukup modern dan dapat digunakan oleh para mahasiswa untuk menimba ilmu, apalagi, suasana kota Jatinagor yang tidak terlalu ramai juga membuat proses belajar di kota ini semakin kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *