5 Tips Mencukupi Biaya Persalinan Sebelum dan Sesudah Bayi Lahir

By | 11 Februari 2018

Nyaris setara dengan pernikahan, biaya persalinan juga memerlukan perencanaan yang tepat. Sebagai orang tua yang baik, bukankah tugas Anda memenuhi semua kebutuhan calon buah hati? Setidaknya mulai persiapkan ketika usia kandungan istri Anda sudah mencapai 3-4 bulan. Biar lancar, lakukan 5 tips ini dengan cermat dan hati-hati.

  1. Menabung Sedini Mungkin

Dengan menyisihkan sebagian penghasilan Anda, pada waktu yang sama Anda tengah menyisihkan kesenangan sementara demi kebahagiaan di masa depan. Kebutuhan pada waktu istri Anda hamil hingga melahirkan tentu tidak sedikit. Masa-masa hamil hingga melahirkan diibaratkan masa paceklik untuk kehidupan rumah tangga siapa pun.

Setiap hari harus menghemat pengeluaran demi kelancaran istri Anda saat menjalani persalinan nantinya. Mungkin agak berat untuk yang belum terbiasa. Tapi kalau sudah fokus Anda pada kepentingan mendesak tersebut, beban itu pasti langsung hilang. Jika memungkinkan, cari tambahan penghasilan untuk menutupi kebutuhan lain. Siap?

  1. Pilih Tempat Kontrol dan Persalinan yang Tepat

Rata-rata tempat untuk mengontrol kondisi bayi itu menerapkan tarif yang cukup mahal. Sayang kalau uang terbuang percuma gara-gara salah tempat kontrol. Soalnya pernah ada kejadian seorang ibu muda yang memeriksa kondisi janinnya, lalu pulang-pulang sedih. Apa yang terjadi? Rupanya tempat kontrol mengatakan kalau si ibu muda tersebut tidak hamil.

Dia sudah telanjur percaya. Kemudian beberapa bulan kemudian, dia merasakan perutnya bergerak-gerak oleh bayinya sendiri. Hal itulah yang bikin dia kapok periksa kehamilan di tempat itu lagi. Begitu pula soal tempat untuk persalinan. Pilih tempat yang tidak pernah mengalami kasus kriminal sepanjang sejarahnya. Biasanya lebih aman.

  1. Gunakan Fasilitas dari BPJS

Sekarang fasilitas BPJS tidak hanya untuk warga yang memiliki kemampuan ekonomi rendah saja. Bagi mereka yang memiliki ekonomi yang mapan juga diperbolehkan. Hanya saja harus rajin membayar iuran bulanan. Khusus untuk Anda yang memiliki ekonomi mapan, bisa pakai atas nama perusahaan tempat Anda bekerja.

Dengan menggunakan fasilitas dari BPJS, biaya untuk persalinan pun jadi lebih hemat. Bahkan bisa menghemat hingga lebih dari 30% dari total anggaran yang Anda bikin sebelum dan sesudah buah hati lahir. Selagi fasilitas ini masih ada, segera manfaatkan.

  1. Pilih-Pilih Tempat Peminjaman Uang

Kejadian yang tidak terduga bisa saja muncul ketika jelang kelahiran bayi Anda. Misalnya seperti tiba-tiba usaha Anda tidak berjalan lancar. Maka, mau tidak mau Anda pun meminjam uang demi keberhasilan proses persalinan nantinya. Sebagai saran, kalau mau pinjam uang, lebih baik lewat Tunaiku. Soalnya peminjaman uang lewat Tunaiku tidak perlu jaminan.

Bunganya juga sangat rendah ketimbang KTA dari tempat lain, yakni hanya 3% saja. KTA dari Tunaiku bisa diakses hanya lewat smartphone Anda. Tapi tentu tetap ada perjanjian kerja sama yang dilakukan dengan tanda tangan di atas materai begitu proses verifikasi diri selesai. Selama Anda tidak melanggar kebijakan Tunaiku, semuanya aman-aman saja kok.

  1. Beri Buah Hati dengan ASI Eksklusif

ASI eksklusif merupakan makanan sekaligus minuman terbaik untuk bayi Anda begitu dia lahir. Khususnya untuk anak Anda yang berusia 0-6 bulan. Penggunaan ASI eksklusif juga mampu menghemat biaya makan dan minum sang buah hati. Bandingkan dengan mereka yang memakai susu sapi seiring pertumbuhan si kecil.

Setelah urusan biaya persalinan beres, banyak-banyak berdoa agar senantiasa diberi kelancaran. Khusus untuk tips nomor 4, kalau Anda mau meminjam uang lewat offline juga bisa. Caranya tinggal datangi kantor pusat pelayanan Tunaiku yang telah disediakan oleh Amar Bank. Bisa di Surabaya, Jakarta, atau lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *