Agar Tidak Merasa Dirugikan dengan Adanya Diskon Idul Fitri, Kenali Jenis dan Cara Kerjanya Berikut Ini!

By | 9 Mei 2018

Ada banyak sekali jenis kebutuhan yang wajib dibeli jelang datangnya lebaran, hal ini jugalah yang membuat pengeluaran pada perayaan hari kemenangan umat muslim tersebut juga semakin membengkak setiap tahunnya. Meskipun hanya terjadi sekali dalam setahun namun tentunya cukup menguras budget atau tabungan Anda bukan. Itulah mengapa konsumen yang sebenarnya harus lebih cerdas dalam mengelola keuangan agar nantinya pengeluaran tidak semakin membengkak di kala lebaran tiba. Contohnya adalah dengan memanfaatkan diskon Idul Fitri, istilah semacam ini tentunya tidak begitu asing lagi untuk Anda bukan.

Idul Fitri ini adalah saat dimana banyak toko offline maupun online yang nantinya akan menawarkan promo menarik, dalam bentuk potongan harga untuk para konsumen setianya. Harga yang lebih hemat ini tak lain ditujukan sebagai bentuk loyalitas mereka terhadap konsumen setia, agar nantinya tetap berlangganan untuk membeli berbagai jenis kebutuhan disini. Nilai diskon yang ditawarkan sendiri juga cukup bervariatif, mulai dari jumlah kecil sampai dengan big sale. Tergantung barang yang akan dibeli.

Hanya saja juga demikian, jenis diskon Idul Fitri ini sendiri juga berbeda-beda, agar tidak terjadi kesalahan di dalam berbelanja, maka kenali terlebih dahulu ragamnya dan juga cara untuk menghitungnya, diantaranya adalah:

  1. Diskon bertingkat atau yang dikenal juga sebagai diskon ganda, ini adalah diskon yang nilainya bertambah, misalnya yang paling sering dijumpai di beberapa department store adalah 50+20%, cara menghitungnya tidak dengan menambahkan keduanya baru di diskon, melainkan dengan mendiskon dengan 50% terlebih dahulu, kemudian nilainya akan dipotong lagi sebesar 20%, sehingga jika dilihat nominal harganya lebih besar dibandingkan dengan diskon 70% langsung. Konsumen sering kali salah dalam perhitungan satu ini.
  2. Up to diskon, hal yang paling sering menjengkelkan bagi konsumen adalah menemukan up to diskon, dimana ada tulisan up to 90% diskon, namun ternyata di dalam ranjang diskon tersebut hanya beberapa item bahkan tak ada yang ditawarkan dengan potongan harga sampai 90%, kebanyakan potongan harga di bawahnya, jadi jangan buru-buru berspekulasi bahwa semua barang yang ada disana ditawarkan dengan diskon 90%.
  3. Voucher diskon, agaknya beberapa toko biasanya memberikan diskon istimewa di hari-hari istimewa juga, diantaranya adalah dengan pemberian diskon dalam bentuk voucher ini, bagaimana cara kerjanya. Yaitu terlebih dahulu Anda harus menunjukkan voucher tersebut pada saat pembayaran, namun harus diketahui bahwa ada ketentuan khusus dalam pemakaiannya, tidak semua barang bisa dibeli dengan menggunakan voucher diskon tersebut, begitu juga berkaitan dengan nominal, tak jarang diantaranya yang hanya bisa memakai voucher jika nilai belanja melebihi angka atau nominal tertentu. Cek dulu ketentuan yang berlaku pada voucher.
  4. Diskon dengan limit waktu, artinya untuk bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah tersebut, maka nantinya Anda harus datang dan membeli di jam yang sudah ditentukan saja, bahkan meskipun waktu sudah ditentukan jumlah barang yang dijual juga sangat terbatas, jadi tak jarang konsumen yang kehabisan. Jadi harus lebih cepat dalam membelinya.

Setidaknya dengan mengenal ragam dan cara kerjanya tersebut membuat Anda tidak merasa dirugikan atau tertipu. Diskon Idul Fitri ini memang bisa jadi salah satu alternatif untuk mengurangi beban tanggungan, namun juga bisa sangat merugikan konsumen jika seandainya tawaran potongan harga tersebut adalah fiktif, sehingga harus berhati-hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *