Apa Macam Macam Alergi Makanan yang Harus Diketahui?

By | 29 April 2018

Makanan menjadi salah satu kebutuhan bagi manusia. Apalagi dalam kehidupan sehari-hari. Hampir bisa dipastikan manusia tidak akan lepas dari yang namanya makanan. Akan tetapi, terkadang hadirnya alergi terhadap makanan tertentu membuat sangat terganggu karena terbatasi konsumsi makanan yang dilakukan. Nah, apa macam macam alergi makanan yang ada di lingkungan masyarakat? Nanti anda akan menemukan jawabanya dalam artikel ini. Alergi makanan seringkali terjadi akibat dari konsumsi beberapa jenis makanan yang tidak bisa diterima tubuh anda. Sehingga menimbulkan efek berupa gatal, muntah atau kehadiran bintik merah pada kulit anda. Kalau anda sudah mengalami hal semacam ini, sebaiknya anda segera datang ke dokter untuk periksa. Tidak nyaman memang mengalami alergi terhadap makanan. Namun terkadang alergi ini sulit untuk dihindari pada kita. Secara kesehatan setidaknya ada 3 senyawa yang bisa membuat alergi terhadap makanan. Pertama, immunoglobulin E, nonimmunoglobulin E dan yang terakhir ialah perpaduan antara keduanya.

Lalu apa macam macam alergi makanan yang bisa terjadi pada anda? Nah, ada beberapa macam yang patut anda ketahui dan wajib menjadi perhatian. Sehingga anda bisa mengantisipasi dan lebih pandai lagi dalam menentukan makanan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Alergi Udang

Udang, termasuk seafood yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada tubuh anda. Gejala yang biasanya timbul berupa gatal-gatal atau terdapat roam di kulit, juga bisa menimbulkan mata merah. Alergi terhdap udang yang lebih parah lagi bisa membuat timbul batuk dan itu membuatnya mengalami sesak nafas.

  • Alergi Kacang Tanah

Mengkonsumsi kacang tanah memang sangat enak dan membuat orang ketagihan. Namun, bagi beberapa orang bisa mengalami alergi. Orang yang mengalami hal semacam ini biasanya akan merasa gatal dan bagi wanita sering timbul jerawat. Anda harus berhati-hati bila mengalami alergi ini, hindari mengkonsumsinya apalagi yang dioven karena bisa membuat gejala yang lebih parah.

  • Alergi Kerang

Selain udang tadi, kerang juga bisa membuat kulit menjadigatal. Anda wajib waspada karena juga bisa membuat timbul roam di kulit anda.

  • Alergi Ikan Laut

Banyak orang yang mengalami alergi usai memakan ikan laut. Tidak lain karena omega tiga yang terkandung didalamnya sangat tinggi. Kalau kondisi tubuh sensitive dan lemah bisa menimbulkan dampak gatal yang parah. Pada posisi yang kronis inilah sebaiknya anda segera ditangani oleh ahlinya.

  • Alergi Telur Ayam

Pernahkan anda melihat orang yang sama sekali tidak menyukai telur ayam? Atau bahkan anda salah satu diantaranya? Jika iya bisa jadi mereka sebenarnya suka, hanya saja membatasi untuk tidak memakannya karena memang mengalami alergi. Nah, bila mana diantara anda suka bermasalah usai makan telur ayam. Misalnya, gatal, bisul dan rasa tidak nyaman dalam tubuh. Sebaiknya anda segera melakukan tes medis untuk mengetahui penyebabnya. Apakah anda alergi terhadap telur ayam atau tidak. Alergi ini aneh memang, tetapi ditemukan di beberapa orang.

  • Faktor genetic

Ternyata hadirny alergi terhadap makanan juga bisa karena faktor keturunan. Bila orang tua alergi terhadap beberapa makanan tertentu. Maka kemungkinan anda bisa mengalami hal yang serupa.

Melihat macam macam alergi makanan tadi, nampaknya membuat anda harus berhati-hati. Jangan-jangan anda alergi terhadap makanan tertentu. Apalagi anda yang mempunyai buah hati. Alergi makanan ini sangat rawan menyerang anak-anak terlebih balita. Maklum saja, karena kekebalan tubuh anak masih belum terlalu stabil. Meskipun demikian, bukan berarti anda membatasi makan anak anda. Tidak masalah anda berikan berbagai makanan tadi. Karena memang gizi yang terkandung didalamnya sangat baik untuk anak. Akan tetapi, apa macam-macam alergi makanan tadi harus anda pegang dengan baik. Sehingga bila gejala menghampiri anak anda, anda bisa melakukan langkah antisipasi. Bila anak mengalami alergi terhadap makanan tertentu, lebih baik segera dihentikan konsumsinya. Dari pada anda nanti resiko yang tidak diinginkan terjadi pada buah hati anda.

Beberapa diantaran penderita alergi makanan, sering mengalami posisi yang parah akibat salah makan. Saat ini terjadi anda tidak boleh menganggap sepele. Sebaiknya anda harus secepat mungkin membawa ke dokter agar diberikan penanganan yang tepat dari reaksi alergi yang terjadi. Sekali-kali anda juga jangan mencoba mengkonsumsi obat alergi sembarangan. Yang terbaik ialah obat dari dokter yang sudah jelas bisa dipercaya. Agar anda cepat sembuh dan kembali dapat beraktivitas. Obat untuk alergi ini tidak bisa sembarangan diberikan, apalagi alergi makanan. Dengan obat langsung dari dokter, maka anda akan sepat pulih. Demikian tadi informasi yang bisa diberikan terkait dengan alergi makanan. Bagaimana? Sudah terjawab kan pertanyaan tentang apa macam macam alergi makanan? Semoga ini bisa menjadi sumber wawasan informasi bagi pembaca sekalian. Agar lebih waspada dan selalu menomorsatukan kesehatan di dalam hidupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *