Cara Merawat Printer HP Agar Awet untuk Jangka Panjang

By | 4 Juli 2018

Perusahaan yang bergerak dibidang industri dan jasa komputer ini didirikan pada tahun 1939 dan berkantor pusat di California, Amerika Serikat. Hewlett-Packard atau biasa dikenal di Indonesia dengan sebutan HP ini telah menciptakan banyak terobosan baru pada dunia elektronik.

Beberapa produknya bisa dengan mudah ditemui diberbagai toko atau gerai elektronik, mulai dari gambar digital, perangkat komputer, perangkat lunak, printer dan lain-lain. seperti halnya pada perangkat elektronik HP lainnya, produk printer HP juga memiliki banyak seri dan tipe yang semakin maju dari masa ke masa.

Namun bukankah sangat disayangkan jika printer Anda yang berkualitas tersebut akan mudah mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui bagaimana cara merawat printer HP agar awet lama. Yuk simak beberapa tips-nya berikut ini:

  1. Menunggu Proses Mencetak Hingga Selesai

Menunggu hasil cetakan merupakan satu hal yang enggan ditunggui saat proses print berlangsung. Hindari mencabut kertas dengan paksa sedang “JAM” dan mencabut kertas searah dengan Printer HP.

Jika saat mencetak kertasnya tidak mau keluar lebih baik segera Anda bawa yang lebih ahli. Karena kesalahan kecil pun akan merusak printer, seperti harus mengganti part film atau gear.

  1. Memastikan Kebersihannya

Hindari serpihan benda lain seperti kawat strapless pada bagian baki kertas dan lubang-lubang printer. Hal tersebut dikarenakan teknologi untuk pemanas printernya menggunakan plastik film sehingga akan sangat mudah rusak jika terkena benda tajam, dan hasil cetaknya akan lecek dan terdapat bercak.

  1. Memastikan Daya dan Keamanan Listrik

Listrik juga ternyata mempengaruhi keawetan dari printer tersebut. Karena tidak sedikit juga printer HP yang rusak atau hang dikarenakan tidak memiliki perlindungan listrik yang stabil. Maka dari itu, usahakanlah untuk menggunakan stabilizer yang ada sistem serve motornya serta grounding yang tidak melebihi 5 volt. Karena bagian DC Controller printer sangat sensitif dengan listrik.

  1. Jangan Pernah Lupa Mematikan Printer

Kadang karena kelalaian, Anda meninggalkan printer begitu saja tanpa mematikan terlebih dahulu setelah penggunaan. Padahal hal tersebut malah akan mempercepat printer rusak. Jangan menyalakan printer HP Anda terlalu lama, misal semalaman penuh tanpa dipakai. Terlebih lagi jika listriknya lepas tanpa adanya stabilizer.

  1. Tidak Memaksakan Toner Printer

Usahakan jangan memaksakan menggunakan toner yang sudah bocor untuk mencetak, karena hal tersebut akan mengakibatkan adanya tumpukan butiran toner pada pemanas. Di mana hal itu akan berdampak menempelnya toner di heater serta pressure roller printer. Akibatnya, printer HP Anda nantinya akan cacat permanen alias rusak.

  1. Selektif Memilih Media Printing

Jika Anda akan mencetak di luar media lain (bukan kertas print HVS) terutama yang mengandung bahan plastik, misal transparancy paper atau stricker, pastikan media tersebut tahan dengan panas.

Karena jika tidak tahan panas medianya malah akan meleleh di dalam printer saat printing sehingga akan menyebabkan kerusakan pada printer. Oleh karena itu, gunakanlah media asli rekomendasi dari vendor, misal HP transparancy paper, dan lain-lain.

  1. Tidak Menggunakan Komponen yang Sembarangan

Sebaiknya untuk tidak menggunakan cartridge kompatible, toner refill dan lain-lain. Gunakanlah yang asli dari produk HP atau yang direkomendasikan. Baca juga: Daftar Harga Printer Original

  1. Rajin Melakukan Servis

Nah, ini yang biasanya diabaikan banyak orang, yaitu service printer. Usahakan meskipun printer tidak rusak, untuk diservis setiap 6 bulan sekali sebagai perawatan berkala. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian dalam printer dari butiran bubuk toner.

Dengan kemajuan dan perkembangan perangkat elektronik, meski Anda bisa menggunakan printer HP yang menawarkan berbagai kemudahan, namun tetap saja perawatan Anda yang baik dan benar akan mempengaruhi tingkat keawetan printer Anda. Perhatikan juga agar pemakaian Anda tidak melebihi kemampuan dari printer itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *