Ingin Meminjam Uang ke Bank Syariah? Berikut ini 2 Skema yang Bisa Anda Gunakan

By | 23 Juli 2018

Untuk mencari dana segar di Bank, Anda dapat memilih dua skema perbankan yang paling dominan saat ini yakni skema konvensional dan syariah. Berbeda dengan konsep konvensional yang telah lama berkembang, konsep syariah menggunakan konsep yang serupa namun menggunakan prinsip syariah dalam praktiknya. Dengan kata lain, proses peminjaman uang yang menggunakan bank akan diganti dengan prinsip imbal hasil sesuai dengan akad yang digunakan. Seiring dengan semakin berkembangnya sistem syariah, skema pinjaman pun menjadi semakin variatif. Lalu, apa saja jenis pinjaman syariah yang ada di perbankan syariah saat ini? Berikut ini beberapa diantaranya :

Murabahah

Skema pertama yang ditawarkan oleh perbankan syariah adalah murabahah atau skema jual beli. Dalam skema pinjaman Murabahah, pihak lembaga keuangan syariah atau bank syariah akan berperan sebagai pihak yang membiayai pembelian barang yang dilakukan oleh nasabah. Kemudian, pihak peminjam akan mengembalikan uang yang dipinjamkan bersama dengan imbal hasil berdasarkan margin penjualan barang yang akan dijual kembali tersebut. Karena imbal hasil berdasarkan margin penjualan, maka pihak peminjam perlu mengetahui berapa harga jual dari barang yang akan dijual kembali tersebut.

Mudharabah

Skema pinjaman berikutnya yang ditawarkan di perbankan syariah adalah Mudharabah. Pinjaman Mudharabah berarti pinjaman yang diberikan dengan akad kerjasama. Karena bersifat kerjasama, maka pihak bank akan memberikan pinjaman dana sebagai modal kerja bagi para peminjam. Jika pinjaman telah dilakukan, pihak bank akan mendapatkan pengembalian uang yang dipinjamkan bersama dengan bagi hasil yang telah ditentukan berdasarkan akad. Jika Anda memiliki prospek bisnis yang menjanjikan, skema pinjaman ini akan sangat cocok karena Anda akan mendapatkan dukungan berupa modal kerja secara syariah dari pihak bank.

Itulah berbagai sistem kredit berbasis syariah yang biasanya diterapkan oleh pihak lembaga keuangan syariah atau bank syariah. Keduanya, merupakan sistem kredit yang dapat Anda gunakan sebagai solusi praktis keuangan Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan pembiayaan dengan konsep syariah yang berkah dan menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *