Inilah Rumah Minimalis Etnik

By | 24 Maret 2017

Rumah minimalis etnik menjadi salah satu gaya rumah yang diminati belakangan ini. Tidak sedikit orang yang membangun rumah minimalis etnik untuk desain rumahnya.

Secara bahasa, etnik adalah sesuatu yang bertalian dengan kelompok dalam sistem sosial / kebudayaan yang memiliki arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa dan sebagainya.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa rumah minimalis etnik merupakan rumah dengan desain khas etnis atau memiliki nilai budaya, adat, atau ciri khusus suatu daerah. Dengan kata lain, di Indonesia sendiri jenisnya amat sangat beragam, mulai dari Sabang sampai Merauke.

Meski berhubungan dengan budaya atau adat tertentu, bukan berarti rumah bergaya etnik menjadi ketinggalan zaman. Bila dipadukan dengan unsur modern, rumah hunian akan menjadi cantik serta nyaman untuk ditinggali.

Desain rumah etnik Jawa dan Bali merupakan yang paling sering dijumpai di daerah Indonesia. Penyebabnya mungkin karena dua daerah tersebut memiliki kekayaan seni yang lebih dibandingkan daerah lainnya.

Tips Desain Rumah Etnik Jawa

Rumah etnik Jawa tidak harus kuno atau ketinggalan zaman. Anda tetap dapat merasakan kepuasan dan kenyamanan jika memadukan gaya yang modern. Sehingga Anda tetap dapat merasakan kemewahan dalam struktur rumah etnik Jawa.

Rumah minimalis etnik Jawa yang cantik perlu melalui tahapan – tahapan yang tidak sedikit. Rumah jenis ini memerlukan banyak material kayu yang berkualitas, baik untuk pondasi rumah, maupun untuk keperluan desain.

Pada bagian pagar, Anda dapat memadukan pagar beton dan kayu dengan kombinasi warna coklat kayu dan abu – abu, rumah etnik Jawa yang Anda miliki dapat terlihat lebih berkelas.

Sementara pada bagian interior, Anda dapat menggunakan interior klasik Jawa dengan padanan ubi yang terbuat dari batu granit. Desain seperti ini akan memberi kesan sejuk dan nyaman pada musim apapun.

Untuk kamar tidur tidak jauh berbeda, Anda hanya perlu menambahkan tempat tidur dengan tipe klasik serta tirai halus berwarna putih atau yang biasa disebut kelambu. Jika ruangannya cukup luas, Anda dapat menambahkan karpet khas Jawa agar lebih cantik.

Demikian pengetahuan dan tips rumah minimalis etnik Jawa. Semoga dapat menambah ide untuk desain rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *