Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Besi Siku

By | 26 Oktober 2016

siku

Salah satu material penting dalam konstruksi bahan bangunan ialah penggunaan besi siku. Besi siku adalah sebuah besi semi kotak yang berbentuk tegak lurus sehingga membentuk sudut 90 derajat. Besi siku biasanya digunakan sebagai penompang rangka dalam sebuah bangunan.

Kini penggunaan besi siku sebagai rangka pembuatan rumah semakin populer. Untuk mendapatkan besi siku, Anda cukup mengunjungi toko-toko bangunan yang menjual besi siku di sekitar Anda. Banyak rumah di kawasan perumahan  yang mulai mengaplikasikan rangka besi siku. Konstruksi rumah-rumah tersebut pun menjadi kuat. Namun membangun rumah dengan rangka besi bukan berarti tidak memilki risiko atau kekurangan.

Kelebihan

Rumah yang menggunakan rangka besi tentu memiliki kelebihan yang sangat banyak. Berikut kelebihan menggunakan besi siku pada rumah yang perlu Anda tahu:

  1. Tahan rayap

Rumah-rumah yang menggunakan kayu tentu lebih rentan terhadap rayap. Rayap dapat menggerogoti kayu sehingga kayu menjadi keropos. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kerusakan serius pada bagian dalam rumah, bahkan dapat membuat rumah Anda roboh.
Rumah yang dibangun dengan rangka besi siku akan memiliki konstruksi bangunan yang sangat kuat dan aman dari gangguan rayap. Meskpun harga jual besi siku relatif mahal, namun material ini dapat menjadi investasi keamanan jangka panjang.

  1. Tahan cuaca

Rumah yang dibangun dengan rangka besi baja memiliki ketahan yang sangat kuat terhadap cuaca. Perubahan cuaca seperti panas dan hujan yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama tentu akan memberikan pengaruh yang kurang baik bagi bangunan rumah Anda. Tak hanya itu, rangka besi siku yang diaplikasikan sebagai rangka rumah akan tahan terhadap gempa.

Kekurangan

Meskipun rumah dengan rangka besi memiliki banyak kelebihan, bukan berarti besi siku ini tak memiliki kekurangan. Adapun kekurangan dari rumah yang menggunakan besi siku yaitu:

  1. Biaya yang sangat tinggi

Harga jual besi siku memang relatif mahal. Namun sebenarnya hal ini sebanding dengan manfaat yang akan didapat. Selain itu harga yang mahal ini salah satunya disebabkan karena biaya produksi yang tinggi karena memerlukan mesin-mesin canggih yang memiliki biaya operasional tinggi pula.

  1. Waktu pembangunan yang lama

Selain harga material yang mahal, waktu yang digunakan untuk membangun rumah dengan menggunakan besi siku ini membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini disebebkan karena bentuk besi siku ini perlu disesuaikan dengan tempat pemasangannya. Namun, hal ini sebenatnya juga sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan nantinya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan rumah dengan menggunakan besi siku. Jika ingin membeli besi jenis ini, Anda bisa mencarinya di toko bangunan atau di toko jual besi siku terdekat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *