Manfaat Sedekah yang Perlu Anda Ketahui

By | 27 Maret 2018

Sedekah merupakan cara kita menunjukkan rasa peduli dengan cara berbagi pada sesama. Berbagi dalam hal ini tidak melulu soal materi, berbagi semangat positif juga termasuk sedekah. Sedekah harus didasarkan perasaan ikhlas dan niat yang tulus dalam hati, jangan sampai anda menyelewengkan niat sedekah menjadi niat agar mendapatkan citra baik di mata masyarakat.

Sedekah juga bisa dilakukan secara onine di website resmi Unicef yaitu www.supportunicefindonesia.org, dengan cara berikut:

  1. Masuk ke website dengan menggunakan ponsel atau PC
  2. Isi data diri berupa nama, nomor telepon dan e-mail. Pastikan masih aktif dan selalu anda pakai,
  3. Isi jumlah uang sedekah yang anda inginkan
  4. Klik ‘donasi sekarang’ dan tunggu halaman konfirmasi keluar.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda aktif melakukan sedekah:

  1. Meningkatkan rasa peduli pada sesama manusia. Konsep sedekah secara esensi adalah dengan memberikan apa yang kita punya baik imateriil mapun materiil untuk orang yang lebih membutuhkan. Perilaku bersedekah mensyaratkan adanya sesuatu yang bisa di berikan dan juga siapa yang diberi. Bagi orang yang memberi sedekah semata-mata untuk membantu meringankan beban orang yang dibantu akan melatih sikap empati kita terhadap orang lain.
  2. Mengurangi rasa matrealisme. Khusus untuk bersedekah secara harta membuat kita harus berani mengurangi apa yang kita punya untuk kebaikan orang lain. Hal ini baik agar kita tidak menjadi orang yang gila harta yang tidak rela hartanya diberikan cuma-cuma untuk orang lain. Sifat tersebut adalah tanaman nilai materialisme yang justru akan membuat kita hanya memikirkan kebahagiaan duniawi semata. Oleh karena itu perlu adanya kebiasaan yang menjaga kita terhindar dari nilai-nilai materialisme, dan dengan manfaat sedekah termasuk salah satunya.
  3. Dengan bersedekah akan menghadirkan perasaan bahagia. Hal itu di ungkap oleh Elizabeth Duun dalam risetnya, ia menemukan bahwa dengan membelanjakan harta di jalan kebaikan untuk membantu orang lain akan mendorong produksi hormon-hormon kebahagiaan di dalam otak kita.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *