Menilik 5 Faktor Penyebab Kelahiran Prematur yang Harus Anda Ketahui  

By | 13 Juli 2018

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seorang bayi lahir sebelum waktunya atau yang lebih dikenal sebagai bayi prematur. Memang jika dilihat ada 2 dari 10 kelahiran yang tidak sesuai dengan waktunya, rentannya sendiri juga berbeda-beda, ada diantaranya yang lahir satu bulan sebelum masanya, namun ada juga yang 2 hingga 3 bulan sebelumnya, semakin muda usia kelahiran tentunya akan berdampak kurang baik bagi bayi tersebut.

Bahkan banyak diantaranya yang mengalami masalah seperti kematian, tentunya Anda sendiri tak ingin hal tersebut terjadi, meskipun buah hati lahir secara prematur, namun pastinya Anda tetap ingin memastikan tumbuh kembang bayi prematur tersebut berjalan dengan optimal bukan. Bahkan setiap orang tua menginginkan bahwa setiap bayi mereka lahir secara normal. Agaknya ketahui terlebih dahulu faktor-faktor yang bisa menyebabkan kelahiran secara prematur ini agar bisa dihindari, diantaranya adalah:

  1. Kondisi fisik ibu yang tidak sehat, kesehatan ibu sangat mempengaruhi kehamilan mereka, dimana ketika ibu hamil dalam kondisi yang tidak sehat, bahkan cenderung lemah, maka hal ini bisa menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya, jadi pastikan ketika hamil selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi menu makanan yang bergizi, juga memastikan untuk olahraga ringan.
  2. Merokok, faktanya memang wanita yang memiliki kebiasaan merokok juga dapat mempengaruhi waktu kehamilan mereka, jadi sebaiknya mulai hilangkan kebiasaan ini jika ingin hamil secara sehat dan normal.
  3. Riwayat kehamilan, mereka yang sebelumnya memiliki riwayat kehamilan yang kurang sehat, seperti diantaranya adalah pernah mengalami keguguran, maka ada kemungkinan nantinya bayi juga lahir sebelum waktunya, karena ada indikasi kandungan yang lemah.
  4. Usia, wanita yang hamil pada usia di bawah 20 tahun ternyata sangat rentan terhadap kondisi yang semacam ini, karena rahim yang tidak begitu kuat .
  5. Psikologis, terlalu banyak beban pikiran atau istilahnya adalah stress bisa membuat kehamilan Anda juga bermasalah.

Jika memang Anda memiliki salah satu resiko tersebut harus waspada, karena bisa jadi penyebab masalah kelahiran bayi prematur nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *