Motor Kamu Jadi Mogok Karena Kebanjiran di Jalan? Begini Cara Benerinnya

By | 14 Juli 2017
Motor Kamu Jadi Mogok Karena Kebanjiran di Jalan? Begini Cara Benerinnya

Motor Kamu Jadi Mogok Karena Kebanjiran di Jalan? Begini Cara Benerinnya

Awal tahun baru 2017 ini sudah mulai disambut dengan musim hujan, walaupun ini bukan hal yang baru namun bagi banyak orang hal ini cukup membuat repot bukan untuk menjalani aktivitasnya sehari-hari? Apalagi jika harus berkendara dengan sepeda motor.

Namun, yang paling menjengkelkan adalah ketika berpergian menggunakan motor dan terjadi hujan deras lalu terjadilah banjir yang menyebabkan kemacetan parah akan membuat mood kamu tidak karuan, terlebih jika banjirnya cukup tinggi hingga membuat motor kamu mogok.

Pastinya kamu akan sangat mengeluh karena hal ini bukan?

Tenang dulu dan jangan panik, kamu bisa menepikan motor kamu dan mencoba memperbaikinya sendiri dengan cara-cara berikut ini:

1.     Keringkan Busi yang Basah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengeringkan busi yang basah. Kenapa harus busi?

Karena busi berfungsi sebagai pematik api, sehingga bila basah api akan sulit menyala dan dari situlah motor masalah yang membuat motor tidak bisa menyala.

Lihat selang berwarna hitam yang terhubung ke karburator motor (biasanya terletak di sebelah kanan), setelah itu cabut selangnya dan kamu bisa melihat ada busi di sana. Untuk mengeringkannya kamu bisa mengendurkannya agar busi itu bisa ditarik ke luar.

Setelah keluar, sebaiknya kamu gunakan kain kering untuk mengelapnya agar benar-benar kering dan cobalah untuk sekalian membersihkan busi kamu dari kotoran yang menempel.

Jika sudah kering dan benar-benar bersih, baru pasangkan kembali busi ke tempatnya dan kembalikan selang pada posisinya semula yang berfungsi untuk melindungi busi.

2.     Cek Karburator

Setelah melakukan point nomor 1, sebaiknya kamu membuka kran bensin yang ada di dekat karburator. Hal ini dilakukan untuk membuang sisa-sisa bahan bakar yang telah bercampur dengan air banjir.

Caranya, tutup kran saluran bahan bakar dari tangki ke karburator. Kemudian putar baut pembuangan di karburator ke arah berlawanan dengan jarum jam hingga maksimal. Tunggu hingga tidak ada lagi bahan bakar yang tersisa di karburator.

Jika sudah tidak ada lagi air yang keluar dari selang pembuangan, maka kembalikan seperti semula.

3.     Bersihkan Sisa Air di Knalpot Motor

Jika dalam knalpot motor ada air, maka itu bisa menghambat arus gas buang pada sisa pembakaran di mesin sehingga walaupun kamu sudah membersihkan busi, ada kemungkinan jika hal ini tidak dilakukan maka motor kamu akan tetap mogok.

Oleh karena itu, lebih baik sekalian saja lakukan cara ini. Kamu bisa menggunakan standar tengah dan bila memungkinkan ganjal standar tersebut dengan kayu atau sesuatu yang kuat untuk menopangnya, sehingga posisi motor bisa membuatnya salah satu bagian lebih rendah. Langkah ini bertujuan agar air yang ada di dalam knalpot keluar.

Setelah kamu pastikan airnya keluar, maka kamu bisa mengembalikan motor dalam keadaan semula.

4.     Panaskan Mesin

Setelah semua kamu lakukan, cobalah nyalakan mesin. Jika masih belum menyala, coba ulangi langkah 1-3 hingga benar-benar bersih.

Jika sudah menyala, tunggu hingga mesinnya panas baru bisa kamu gunakan lagi.

Setiap orang disarankan untuk membawa berbagai peralatan seperti obeng, tang, hingga spare part motor cadangan lainnya jika terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi di jalan.

Jika anda memang tidak membawanya sebaiknya carilah bengkel terdekat agar motor anda bisa segera menyala.

Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi semua, dan jangan lupa untuk selalu bawa jas hujan ya 😛

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *