Pengertian Antibiotik & yang Harus Diketahui Sebelum Memakainya

By | 4 Maret 2018

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya, pengertian antibiotik yang sebenarnya itu apa? Apa manfaatnya bagi kesehatan sehingga banyak diiklankan di berbagai media. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa itu antibiotik, sebaiknya baca artikel di bawah ini. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui pengertiannya serta berbagai fakta mengenai antibiotik ini.

Apa Itu Antibiotik?

Menurut US National of Medicine, antibiotik memiliki artian sebagai obat-obatan kuat yang bisa melawan bakteri. Tak hanya melawan bakteri, antibiotik ini juga mampu menekan pertumbuhannya dan semua yang menunjang pertumbuhan bakteri. Fungsi dari antibiotik ini adalah bisa melawan, menghancurkan, dan memperlambat pertumbuhan bakteri.

Biasanya, antibiotik ini digunakan untuk mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan membantu sistem kekebalan tubuh manusia untuk melawannya. Antibiotik yang pertama kali dibuat bernama Penicilin dan dikembangkan oleh Alexander Fleming pada tahun 1928. Hingga saat ini, antibiotik ini sangat besar manfaatnya dalam dunia medis.

Fakta Mengenai Antibiotik

Ada banyak manfaat dari menggunakan antibiotik dalam kehidupan. Namun, sebelum Anda menggunakannya, ada baiknya Anda mengetahui fakta-fakta dari penggunaan antibiotik itu. Apa saja faktanya?

  1. Tak Bisa Menyembuhkan Penyakit Akibat Virus

Fakta pertamanya adalah antibiotik tidak bisa mengobati penyakit yang diakibatkan oleh virus. Sebab, antibiotik itu adalah anti bakteri. Beberapa jenis penyakit yang tak bisa disembuhkan dengan antibiotik adalah flu, pilek, hampir semua sakit tenggorokan, hampir semua kondisi batuk dan bronkitis dan beberapa penyakit infeksi sinus dan telinga.

  1. Memiliki Efek Samping

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan, ternyata penggunaan antibiotik dalam keadaan tertentu juga bisa menyebabkan efek samping. Efek samping yang bisa didapat akibat penggunaan antibiotik adalah diare, perasaan tidak enak pada seluruh badan, gangguan pada mulut serta risiko batu ginjal untuk antibiotik jenis Sulphonamides.

Lalu Anda juga bisa mengalami pengentalan darah bagi antibiotik jenis Cephalosporins. Untuk antibiotik jenis Tetracyline, Anda juga bisa mengalami sensitivitas berlebihan pada sinar matahari. Lalu, untuk jenis antibiotik Trimethoprim, Anda bisa mengalami efek samping berupa gangguan pada pembuluh darah.

  1. Bakteri Bisa Kebal terhadap Antibiotik

Bakteri ternyata bisa kebal terhadap antibiotik. Biasanya, ini terjadi karena beberapa bakteri bisa bertahan setelah terkena antibiotik pertama. Mereka menemukan cara melawan antibiotik lalu berkembang biak dan mengganti semua bakteri yang terbunuh. Bakteri-bakteri baru ini akan lebih selektif dan mampu bertahan serta kebal terhadap antibiotik.

Sebab, mereka melakukan mutasi genetik. Cara lainnya yang membuat bakteri bisa kebal dari antibiotik adalah adanya beberapa bakteri yang mampu memompa antibiotik kembali ke luar sebelum membahayakan mereka. Sebagian yang lain juga bisa mengubah strktur antibiotik sehingga tak berbahaya bagi mereka.

Sekarang Anda sudah mengetahui pengertian antibiotik dan beberapa fakta mengenainya, kan? Jadi, bila Anda sakit, jangan terburu-buru menggunakannya. Anda bisa menjaga diri agar tetap sehat dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun Lifeboy yang ampuh membunuh kuman dan bakteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *