Pilih Sewa Apartemen Atau Rumah Tapak?

By | 24 Maret 2017

 

Pilih Sewa Apartemen Atau Rumah Tapak?

Tak jarang para pencari hunian sementara yang baru merasa kebingungan dengan pilihan sewa apartemen atau sewa rumah tapak. Kedua pilihan ini memiliki kelebuhan dan keuntungannya masing – masing. Sebagan besar dari mereka memilih hunian sementara karena aktivitas yang mereka lakukan pun bersifat sementara seperti karyawan yang terikat kontrak beberapa tahun, atau mahasiswa yang sedang menimba ilmu. Apartemen banyak dipilih karena terletak di pusat kota dan memiliki kesan yang lebih praktis dengan tampilan modern. Namun tak jarang juga ada orang yang lebih memilih untuk sewa rumah tapak untuk tempat tinggalnya.

Sebaiknya kamu pertimbangkan dan perhatikan keuntungan dan kerugian dari sewa rumah tapak atau apartemen sebelum menyetujui kontrak sewa. Hal ini dilakukan agar kamu tidak kaget dengan suatu hal yang tidak dapat diprediksikan di awal. Cukup banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Coba kamu pertimbangkan beberapa hal berikut ini untuk menentukan pilihan sewa apartemen atau sewa rumah tapak.

Kepraktisan

Perihal kepraktisan dapat menyangkut beberapa hal seperti kestrategisan tempat, akses ke berbagai tempat, kebersihan, hingga perbaikan ketika kamu dapatkan kerusakan. Beberapa hal tersebut bisa kamu pertimbangkan untuk memilih model hunian bentuk apartemen atau rumah tapak.

Tidak sedikit masyarakat yang setuju bila apartemen merupakan pilihan hunian yang paling praktis. Hal ini karena ada petugas tertentu yang ditugaskan oleh pihak pengelola untuk mengurus kebersihan apartemen yang kita huni. Kamu hanya cukup menghubungi pengelola jika terdapat masalah kerusakan atau masalah lainnya di apartemen yang kamu sewa. Selain itu kebanyakan apartemen memiliki lokasi tepat di pusat kota sehingga cukup dekat dengan pusat perkantoran dan kampus atau universitas. Ditambah lagi dengan fasilitas umum yang sudah disediakan oleh pihak pengembang seperti toko waralaba, pusat perbelanjaan, restoran, dan fasilitas umum lainnya, sehingga kamu tidak perlu repot pergi jauh untuk membeli kebutuhanmu sehari – hari ketika memutuskan untuk sewa apartemen.

Berbeda halnya dengan sewa rumah tapak. Kebersihan dan kerusakan yang terjadi di tempat hunian sepenuhnya menjadi tanggungjawabmu. Kamu harus menyelesaikan sendiri tugas – tugas tersebut. Namun tak sedikit juga rumah tapak yang memiliki pemilik cukup baik untuk membantu kamu mengatasi permasalahan atau kerusakan yang terjadi di rumah tapak. Lokasi rumah tapak sebagian besar memiliki lokasi yang tidak strategis, sangat sedikit pula dari rumah tapak yang memiliki fasilitas public lengkap. Sekalipun ada, biaya sewa rumah tapak tersebut cenderung lebih tinggi.

Harga

Sebagian besar unit apartemen memiliki harga yang cukup mahal hal ini sangat wajar mengingat segala keuntungan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak pengembang. Bahkan untuk satu unit apartemen studio saja hampir sama harganya dengan sewa rumah tapak dengan kamar dua. Masalah harga ini memang rumah tapak bisa sangat diandalkan untuk menghemat pengeluaran biaya sewa. Bagi kamu yang memiliki budget dan dana yang cukup terbatas pilihan terbaiknya ialah rumah tapak dengan beberapa resiko tertentu.

Keamanan

Hal ini menjadi sangat penting bagi kamu demu kenyamanan ketika tinggal dihunian baru. Apartemen memiliki sistem keamanan yang cukup ketat dengan penjaga keamanan yang berjaga di gerbang atau pintu masuk selama 24 jam, bahkan apartemen dilengkapi dengan kamera pemantau atau CCTV untuk mengawasi segala aktivitas yang terjadi di lingkungan dan gedung apartemen. Tamu yang masuk berkunjung pun tidak bisa sembarangan, tamu tidak diijinkan masuk bila penghuni apartemen tidak ada atau tidak memberikan ijin. Bebeda dengan rumah tapak yang cenderung tidak memiliki keamanan yang ketat. Para tamu yang datang bebas untuk masuk dan keluar dari lingkungan rumah tapak, tidak ada sistem keamanan khusus.

Sosialisai

Kamu akan merasa lebih nyaman untuk sewa rumah tapak dibanding sewa apartemen untuk mendapatkan lingkungan dengan sosialisasi yang baik. Mengenal tetangga dan lingkungan memang menjadi bagian dari kehidupan seseorang bila hidup dan tinggal di sebuah kompleks perumahan. Hal ini belum tentu terjadi ketika kamu sewa apartemen. Kehidupan sosialisasi di hunian vertical ini cukup terkenal sangat individualis. Jika kamu mencoba mengakrabkan diri ke penghuni sebelah, bisa saja malah berujung masalah karena kamu dianggap mengganggu.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu peertimbangkan untuk memilih sewa rumah tapak atau sewa apartemen. Semua pilihan tergantung dari kebutuhan dan kebiasaan kamu menjalani hidup. Pilih hunian yang akan membuat kamu nyaman dan tidak terbebani dengan berbagai masalah atau kondisi tempat hunian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *