Tanda-Tanda Aki Kering Mobil Berkualitas Mulai Soak

By | 10 November 2018

Meskipun Anda sudah merasa telah membeli aki kering mobil berkualitas, namun ternyata tetap saja Anda tidak bisa menghindari kerusakan pada aki mobil Anda tersebut. Jadi, aki sebagai salah satu komponen penting yang berguna untuk menyimpan tegangan listrik ini berbentuk senyawa kimia. Dalam aki inilah terdapat beberapa sel sekunder yang berguna sekali untuk menghasilkan arus listrik. Sel sekunder tersebut sifatnya tidak begitu boros bila dibandingkan menggunakan sel primer. Di dalam aki itu sendiri umumnya tegangannya adalah sebesar 2 volt.

Senyawa kimia yang ada dalam ACCU ini bisa menghasilkan reaksi kimia yang kemudian diubah menjadi berbentuk listrik. Namun, dengan seiring berjalannya waktu, ada beberapa jenis aki mobil yang lain yang tak kalah penting dan tidak membutuhkan proses pengisian ulang. Yaitu, aki kering. Ciri-ciri dari aki kering ini adalah tidak harus diisi dengan cairan elektrolit ulang, layaknya aki basah. Disamping itu, aki kering itu juga sangat minim perawatan. Dengan begitu, untuk Anda yang tidak begitu memahami tentang bagaimana cara merawat aki yang benar, maka Anda bisa diuntungkan.

Meskipun begitu, tidak berarti bila aki kering ini tidak bisa menglaami masalah yang membuat kinerjanya terganggu. Aki kering ini bisa juga mengalami soak karena beberapa faktor tertentu. Jadi, seperti apakah tanda-tanda dari aki kering mobil yang soak dan harus diperbaiki itu? Di bawah ini adalah tanda-tanda dari aki yang soak dan harus segera Anda perbaiki, antara lain:

Mobil Tidak Bisa Menyala

Umumnya salah satu tanda bahwa aki kering mobil Anda bermasalah adalah, mobil Anda tidak dapat menyala saat sedang distarter. Bila Anda membiarkan mobil Anda di rumah dan jarng dipakai dalam waktu semalaman atau seharian, tentu saja paginya mobil menjadi tidak bisa distarter. Bila hal ini terjadi, maka hal tersebut menjadi salah satu tanda bahwa aki sedang rusak dan bermasalah. Jadi, selalu perhatiakn terhadap catatan air aki mobil di level low dan level max, tidak boleh sampai kurag dari angka itu.

Usia Aki Sudah Tua

Salah satu pertanda lainnya bahwa aki kering ini mulai bermasalah adalah saat usianya sudah tua dan lama. Sehingga, hal ini bisa membuat aki mulai bermasalah dan soak. Maka dari itulah, umumnya bengkel yang profesional, seperti dari NS Battery pasti memberikan tanggal untuk aki baru tersebut. Sehingga, setiap pengguna bisa lebih mudah dalam melakukan pengecekan terhadap usia pakai dari aki tersebut. Umumnya, aki itu hanya bisa bertahan selama 2 tahun. Diluar dari itu, semuanya bisa tergantung dari bagaimana cara untuk menggunakan kendaraan Anda tersebut.

Mulai Tercium Bau ketika Mesinnya sedang Dinyalakan

Bila Anda mencium aroma dan bau yang asalnya dari aki saat mesin mobil dinyalakan, maka hal ini merupakan pertanda bahwa aki mobil Anda telah rusak. Sebenarnya baunya itu bisa berasal dari sel yang ada di dalam aki mobil yang telah rusak. Dengan begitu, ketika mesin mobil dinyalakan, hal ini bisa membuat airnya menjadi seperti mendidih. Hal yang seperti ini bisa Anda lihat secara langsung ketika sel-sel akinya mulai mengembang dan terlihat remuk. Sehingga, bila hal init erjadi, Anda membutuhkan aki baru untuk mengganti aki yang sudah lama dan sudah soak tersebut.

Tegangan Aki menjadi Kurang dari 10 V

Salah satu pertanda bahwa aki kering mobil itu mulai rusak adalah ketika tegangan dari aki mobil itu adalah kurang dari 10 V. Ketika Anda ingin melakukan sebuah pengisian ulang dan mulai mengetes aki mobil tersebut, maka Anda bisa melakukannya menggunakan tester. Bila angka yang telah tertera dalam tester itu hanya mencapai 10 volt saja atau bahkan kurang, maka itu artinya kondisi aki mobil tersebut mulai soak. Hal ini dikarenakan tegangan 10V itu tidak cukup untuk menyalkaan mesin mobil.

Bunyi Klakson Mulai Tidak Keras

Anda dapat mengetahui gejala yang lain sebagai pertanda bahwa terjadi kerusakan pada aki mobil tanpa membongkarnya. Yaitu, dengan cara mendengarkan bunyi klakson mobil Anda. Dalam kondisi mati mesin mobilnya, maka cobalah untuk menyalakan klakson mobil Anda tersebut. bila ternyata bunyi klaksonnya menjadi tidak sekeras seperti ketika mobil dinyalakan, itu artinya aki mobil milik Anda tersebut mulai melemah. Anda juga bisa melakukan pengecekan dari nyala lampu utama yang mulai tidak terang dan redup sebagai pertanda bahwa aki mobil bermasalah.

Bila sebelumnya Anda tidak dapat terbiasa untuk melakukan sebuah pembongkaran untuk aki kering mobil Anda tersebut, maka kini Anda bisa langsung membawa mobil Anda tersebut ke dalam bengkel itu. Hal ini dikarenakan bila Anda salah dalam memasang bagian kabelnya atau Anda sampai salah dalam mengisi cairan akinya, hal ini bisa berakibat fatal terhadap mesin mobil Anda tersebut. Selain itu, jangan sampai untuk melakukan sebuah perawatan secara berkala pada aki kering mobil Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *