Tips Menghemat Budget Belanja Bulanan Untuk Ibu Rumah Tangga  

By | 27 Januari 2018

 

Bagi perempuan yang masih lajang, menghemat budget belanja bulanan bukanlah hal yang terlalu sulit. Biasanya mereka yang lajang hanya boros soal urusan travelling, hobi, dan juga kuliner. Berbeda ketika seorang perempuan sudah menginjak masa berumah tangga, ia tak hanya lagi memikirkan soal urusan pribadinya, melainkan juga kebutuhan-kebutuan lainnya. Seorang ibu rumah tangga mesti memikirkan cara paling efektif agar budget belanja bulanan bisa bertahan hingga sang suami gajian lagi di awal bulan.

Hari ini memang banyak ibu rumah tangga yang menggeluti bisnis rumahan, namun bukan berarti seorang ibu mesti asal-asalan dalam mengatur biaya belanja bulanan. Nah berikut ini kami akan membahas beberapa tips menghemat budget belanja bulanan untuk ibu rumah tangga.

  • Belanja di Pasar Tradisional

Sebenarnya, trigger utama mengapa seorang ibu rumah tangga berlaku boros yaitu karena masalah gengsi. Karena ingin terlihat ‘mentereng’, banyak ibu rumah tangga yang memilih shopping di supermarket daripada di pasar tradisional. Padahal jika mau menurunkan gengsi, seorang ibu bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan shopping di pasar tradisional. Pertama tentunya soal biaya, dimana range harga di pasar tradisional jauh lebih murah daripada di supermarket. Kedua, bahan-bahan masakan yang dijajakan di pasar tradisional jauh lebih fresh daripada yang ada di supermarket, yang biasanya sangat identik dengan processed foods. Ketiga, kamu bisa mendukung usaha kecil menengah agar terus tumbuh.

  • Belanja Bahan-bahan Makanan Seminggu Sekali

Jika kamu keukeuh ingin belanja bahan-bahan masakan di supermarket, maka sebaiknya ubah kebiasaan dari belanja sehari sekali menjadi seminggu sekali. Jadi sebelum pergi belanja, kamu catat dulu deh bahan-bahan apa saja yang akan dibeli – pastikan kamu hanya mencatat yang paling penting saja. Jika kamu orangnya gampang lupa, maka tempelkan catatan tersebut di dapur, sehingga kapanpun kamu bisa mengeceknya sebelum belanja. Jika kamu konsisten menjalankan tips ini, maka budget belanja bulananmu pasti awet hingga akhir bulan – bahkan kemungkinan besar masih tersisa dalam jumlah banyak.

  • Manfaatkan Promo Lazada

Untuk keperluan rumah tangga, kamu ‘pun pastinya membutuhkan beberapa peralatan rumah tangga, khususnya untuk keperluan dapur. Nah agar budget belanja bulananmu bisa survive hingga akhir bulan, kamu bisa memanfaatkan promo Lazada. Dengan diskon dan juga voucher yang diberikan Lazada, kamu bisa membeli kebutuhan rumah tangga dengan harga yang sangat miring. Kamu bisa membeli wajan, alat pemotong, blender, bahkan hingga benih sayuran dengan harga yang lebih murah. Untuk menemukan promo lazada diskon besar besaran, kamu mesti update terus kabar yang diberikan oleh salah satu marketplace terbesar di Indonesia ini.

  • Jadilah Chef Keluarga

Seorang ibu rumah tangga sangat identik dengan aktivitas masak memasak di dapur. Namun tak semua ibu rumah tangga mau memasak. Alasannya karena tidak praktis atau mungkin memang karena tidak bisa memasak. Padahal dengan membeli makanan di luar, otomatis budget belanja bulanan ‘pun menjadi semakin membengkak. Tak hanya mesti membeli makanan yang harganya mahal, seorang ibu ‘pun mesti membayar jasa ojek online yang mengantar makanan tersebut. Jika kamu tidak bisa masak, maka segeralah ambil kursus memasak atau kamu bisa melihat berbagai tutorial masak di YouTube. Iya betul sekali, salah satu cara terbaik menghemat budget belanja bulanan yaitu dengan memasak makanan sendiri di rumah.  Tak hanya itu, dengan membuat makanan sendiri di rumah, kamu ‘pun bisa menentukan bahan-bahan masakan yang paling sehat.

  • Hindari Masakan yang Menghabiskan Gas Elpiji

Jika kamu sudah jago masak, maka untuk menghemat budget bulanan, sebaiknya masak jenis masakan yang tidak menghabiskan gas elpiji. Hindari memasak jenis-jenis masakan yang membutuhkan waktu masak yang lama seperti rendang, pepes, presto, opor, dan lainnya. Namun meskipun durasi masaknya pendek, kamu tetap harus memperhatikan rasa makasan agar anggota keluarga tidak kecewa.

Memang sudah menjadi tugas ibu rumah tangga untuk memikirkan cara-cara paling efektif untuk menghemat budget belanja bulanan. Lewat beberapa tips diatas, semoga setiap ibu rumah tangga dapat mengambil manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *